Pages

Senin, 31 Oktober 2011

Sistem Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang dibentuk akibat tuntutan masyarakat yang mulai menyadari pentingnya hidup sehat. Perawat sebagai sumber daya manusia terbesar yang terdapat di pelayanan kesehatan, dalam hal ini rumah dituntut untuk memberikan pelayanan yang optimal. Tuntutan tersebut bertambah berat diikuti dengan perkembangan ilmu dan tekhnologi yang melesat dengan pesatnya. Di era globalisasi, perawat dihadapkan pada tantangan pasar bebas dimana kompetensi dan profesionalisme sangat dibutuhkan untuk tetap bertahan dalam dunia pelayanan kesehatan. Pelayanan keperawatan di rumah sakit merupakan bentuk pelayanan kesehatan berkaitan dengan mutu, dimana faktor manusia merupakan faktor yang menentukan (Wijono, 2000). Selain itu pelayanan di rumah sakit juga berorientasi pelayanan kepada pasien berdasarkan standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien, sehingga pasien dapat memperoleh kepuasan yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan (Adikoesoemo, 2003). Pelayanan keperawatan yang bermutu, memenuhi karakteristik proses keperawatan yaitu sistem terbuka dan fleksibel terhadap kebutuhan pasien serta dinamis, mutu asuhan keperawatan dapat tergambar antara lain pada dokumentasi proses keperawatan (Gillies, 1996). Dokumentasi proses asuhan keperawatan merupakan tampilan perilaku atau kinerja perawat pelaksana dalam memberikan proses asuhan keperawatan kepada pasien selama pasien dirawat di rumah sakit. Dokumentasi proses asuhan keperawatan yang baik dan berkualitas haruslah akurat, lengkap dan sesuai standar. Apabila kegiatan keperawatan tidak didokumentasikan dengan akurat dan lengkap maka sulit untuk membuktikan bahwa tindakan keperawatan telah dilakukan dengan benar (Hidayat, 2004). Pendokumentasian proses asuhan keperawatan merupakan suatu proses yang harus dilaksanakan oleh perawat pelaksana sebagai bagian dari standar kerja yang telah ditetapkan (Nursalam, 2007). Pencatatan asuhan keperawatan merupakan suatu komponen penting dari infrastruktur tekhnologi informasi di rumah sakit khususnya keperawatan. Infrastruktur tersebut terdiri dari catatan elektronik medis, yang membuat digital penyimpanan data pasien diantara berbagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam pemberian perawatan kesehatan. (Michael F Furukawa, 2010) • Dokumentasi Keperawatan dengan Kode (Coded Nursing Documentation/CND) Adalah dokumentasi menggunakan sistem komputer dimana catatan keperawatan yang terlihat hanya kode saja. Kode sendiri berdasarkan standar asuhan keperawatan yang telah dirumuskan. Virginia, dkk (2008) pengembangan dokumentasi yang dilakukan berupa dokumentasi keperawatan dengan sistem pengkodean. Pengkodean dilakukan dengan memasukkan data pasien ke komputer, pada akhirnya akan terlihat data dokumentasi hanya berupa kode secara lengkap menguraikan mulai dari penyakit hingga evaluasi yang akan dicapai oleh pasien tersebut • Clinical Care Clasification (CCC) Adalah sebuah standar terminologi keperawatan yang terdiri dari atom (data) konsep, masing-masing mempunyai kode yang unik dan definisi, sehingga memungkinkan untuk kode dokumentasi keperawatan serta proses rencana perawatan elektronik. Model Sistem CCC menggambarkan dokumentasi perawatan pasien oleh perawat dan semua penyedia layanan kesehatan dalam pengaturan perawatan kesehatan sebagai interaktif, saling berkaitan, dan proses umpan balik yang terus-menerus • Proses pengembangan Dokumentasi Keperawatan dengan Kode Dokumentasi keperawatan dengan kode menggunakan sistem terminologi keperawatan yang meliputi perencanaan, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi Sistem Dokumentasi Pelayanan 1. Rawat jalan Memuat 3 kategori informasi 1) Data dasar : • Anamnesa • Keluhan • Pemeriksaan fisik 2) Diagnosa, tindakan pengobatan, pemantauan yang diberikan 3) Pernyataan dokter • Advis dokter seperti : istirahat, tidak boleh bekerja berat, banyak minum dll 2. Rawat Inap : 1) Data dasar 2) Diagnosa, tindakan pengobatan dan pemantauan yang dilakukan 3) Pernyataan dokter • Waktu, tanggal • Kondisi pasien • Follow up • Tanda tangan dokter 3. Kegawat darutan Pencatatan harus teliti/akurat, singkat dan merefleksikan seluruh informasi pasien dari menit ke menit Digunakan sebagai alat komunikasi yang utama tentang dx, pengobatan dlaam suatu lingkungan yang rumit bagi nakes. Karena di UGD mempunyai atmosfir yang gerak cepat dan tingginya kegawatdaruratan, maka di UGD mempunyai keterbatasan waktu yang serius untuk pencatatan. Setiap petuhas kesehatan harus mencatat setiap aktivitas dan observasi seketika itu juga. Standar UGD : semua aspek dan asuhan di UGD harus tercatat direkma medik pada waktu yang tepat Pedoman untuk Dokumentasi di UGD 1. Menetapkan prioritas untuk dokumentasi situasi di UGD (waktu masuk, triage, survei primer dan sekunder, situasi resti, penyuluhan kepada pasien dan catatan pulang) 2. Mencatat aktivitas triage dan evaluasi awal intervensi terapi, dokumentasi yang terfokus pada pasien, mulai dengan kesinambungan asuhan, mencatat akivitas termasuk evaluasi dan keluhan utama, klasifikasi pasien dan format pengkajian di triage. 3. Melakukan dan mencatat px primer (kesadaran, TTV) 4. Melakukan survey sekunder, pengkajian dari kepala ke kaki (head to toe) Informasi yang dibutuhkan pada situasi risiko tinggi : Disampng berurusan dengan pasien dan keluarga dalam memberikan asuhan dan pengobatan, petugas kesehatan juga dapat berurusan dengan penegak hukum dan lembaga pelayanan sosial misalnya dalam hal : • Pemerkosaan • Luka tembak/tusuk • Pasien dalam pengawasan polisi • Gigitan binatang (peliharaan/liar) • Pemeriksaan tertentu yang diwajibkan menurut hukum (misal kadar alkohol dalam darah, tes urin pada kasus tertentu). Catatan observasi dalam pemeriksaan umum secara sistematis • Kondisi umum dan status gizi • Cara berpakaian, higiene/kebersihan • Tanda jelas adanya stress yang termanifestasi dari perilaku dan ekspresi wajah • Kesadaran, mood dan perilaku • Postur tubuh, aktivitas motorik dan cara berjalan • Kejelasan bicara • Bau : alkohol, urine, kimiawi, keton, obat-obatan dan ramu-ramuan

pembelajaran dokumentasi kebidan

pembelajaran dokumentasi kebidan Rekaman dokumentasi keperawatan dianggap sebagai salah satu yang paling penting profesi keperawatan tugas yang telah sangat tinggi berpengaruh terhadap kualitas asuhan keperawatan dan interaksi perawat dengan kesehatan lainnya. Perawat biasanya adalah yang pertama kesehatan pengasuh, informasi yang dia / dia catatan akan sangat penting untuk menginformasikan lainnya pengasuh dari status pasien, perilaku, dan tanggapan, jadi harus cukup jelas, akurat dan complete. Selanjutnya, terdaftar dokumentasi keperawatan adalah satu-satunya kenangan hukum dokumen yang menunjukkan deskripsi lengkap langkah-langkah dan tindakan yang dilakukan oleh perawat bagi pasien, selain itu adalah penyokong terbaik dan pembela bagi perawat dimana pasien akan compliant tentang kelalaian perawat dalam menyediakan keperawatan care. Kecuali dua komunikasi yang dan hukum peran, dokumentasi keperawatan memiliki peran penting lainnya seperti pendidikan, penelitian, audit dan mengevaluasi roles. Oleh karena itu, laporan perawatan harus cukup sempurna, akurat dan tepat waktu, setiap kesalahan dalam mendokumentasikan item atau menghapus mereka akan bermasalah. Hasil dokumentasi yang buruk mungkin berbahaya dan merugikan tidak hanya untuk pasien tetapi juga untuk para perawat. Pemantauan penelitian telah menunjukkan bahwa laporan tidak lengkap terus menimbulkan kecurigaan dan pengisian di otoritas hukum, karena tim medis yang secara hukum kinerja dapat dibuktikan dan diverifikasi dengan dokumentasi dan hanya kasus ini akan diterima yang sepenuhnya recorded. Studi tentang dokumentasi keperawatan telah menunjukkan bahwa sekitar 38 persen dari keseluruhan kerja pergeseran waktu perawat dihabiskan untuk menulis laporan sementara, hasil studi pada tahun 2004 di Iran menunjukkan bahwa hanya 17,09 persen dari perawat memiliki pelaporan yang baik dan 35,81 persen dari mereka diberikan tidak lengkap keperawatan documentation. Salah satu penyebab paling penting dalam bagaimana menulis laporan keperawatan adalah pengetahuan keperawatan; sehingga hasil studi dari Ghamari menunjukkan bahwa salah satu alasan dokumentasi miskin adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran perawat dala bagaimana mendaftarkan mereka correctly isi ini jelas mengkonfirmasi peran pendidikan dalam mempromosikan kemampuan perawat dalam dokumentasi. Saat ini, metode yang paling umum dalam medis ilmu pendidikan adalah kuliah yang tentu saja memiliki banyak keuntungan seperti biaya-efektivitas Kuliah populations.13 tinggi adalah salah satu tradisional metode bahwa meskipun menyediakan baru dan metode pengajaran modern, seperti masalah metode pemecahan berbasis dan juga aksesibilitas komputer dan internet dan sebagainya, masih merupakan salah satu metode konvensional memberikan informasi; dan bukti-bukti menunjukkan bahwa menggunakan konten dan dosen terampil, wajar, positif dan masa depan yang tepat akan dapat dicapai. 10 Namun, banyak ahli percaya bahwa metode seperti ini, disediakan dalam metode yang tepat, akan effective14 Belajar dengan kuliah tidak bisa dihindari untuk semua orang dalam periode waktu; karena itu adalah berarti untuk menyediakan informasi dasar dan bahkan merupakan metode pengajaran yang paling cocok dalam beberapa keadaan tertentu. Tapi, ini metode tidak memberikan kesempatan apapun kepada peserta didik untuk berpikir bahwa merupakan hal penting. Studi telah menunjukkan bahwa hampir 80% dari yang disediakan isi pendidikan melalui metode ini akan terlupakan selama 8 weeks.15 Menurut kepada teori psikolog pendidikan, belajar akan lebih baik dan dampaknya akan lebih permanen ketika dikaitkan dengan aktivasi dan lebih luas dalam belajar metode. Oleh karena itu, menekankan dari pendidikan ahli yang menggunakan yang modern, aktif dan pelajar-berpusat pendekatan today.12 Noles di 1980 percaya bahwa pembelajaran orang dewasa akan baik ketika mereka menjadi diri Beberapa directed.10 konsekuensi dari pendekatan pada pengajaran dan belajar teori telah diusulkan; satu yang adalah e-learning yang pelajar akan mampu mencapai kemampuan mereka sendiri dan bakat untuk tujuan pendidikan dan pada kenyataannya, mereka akan belajar cara belajar yang itu sendiri merupakan salah satu yang pendidikan objectives.16 E-learning, yang mencakup belajar mandiri kegiatan komputerisasi, adalah pendekatan pendidikan baru digunakan di banyak universitas dan pendidikan lembaga dan membantu dalam mencapai salah satu tujuan utama dari pendidikan formal yaitu, mempersiapkan peserta didik untuk aktif dan independen belajar. Selain itu, adalah tepat metode untuk pendidikan permanen dan berkelanjutan yang begitu penting di hari ini, ini world.17 18 Dalam Bahkan, pendekatan ini telah menciptakan paradigma baru dalam pengajaran dan pembelajaran lapangan dan telah memberikan kemungkinan belajar dalam segala hal, untuk semua orang, setiap saat dan di mana-mana permanently.19 Hal ini, terutama dalam profesi keperawatan, adalah tinggi penting sehubungan dengan kebutuhan yang memperbarui informasi dan pengetahuan perawat tentang penyakit, obat dan baru keterampilan. Di sisi lain, karena belajar memerlukan menghabiskan banyak waktu dan energi dan satu keuntungan dari pengajaran elektronik dan belajar adalah menghemat waktu dibandingkan dengan tradisional metode (sehingga hasil studi Chang et al. menunjukkan bahwa e-learning disimpan 25-60% dari waktu dibandingkan dengan konvensional kelas 20), sehingga kekurangan waktu para perawat dengan kelebihan jumlah pasien dalam Rumah sakit Iran dapat menyoroti pentingnya menggunakan e-metode belajar di antara para perawat. Dengan demikian, sesuai dengan isi di atas, aplikasi e-learning metode dalam pendidikan keperawatan dapat bermanfaat. Namun, langkah-langkah telah dilakukan dalam bidang ini tidak cukup dan telah kurang menyambut karena beberapa alasan seperti keterbatasan dalam judul, kualitas dari isi elektronik dan rendahnya jumlah website yang mempertimbangkan masalah ini. Oleh karena itu, tampaknya mempertimbangkan luas kehadiran komputer dalam kehidupan hari ini dan meningkatkan kebutuhan perawat untuk ilmiah pengetahuan dan informasi yang mudah diakses selalu dan pada setiap pelaksanaan waktu- e-learning untuk perawat terutama di domain melanjutkan pendidikan adalah salah satu yang paling langkah-langkah penting di era sekarang. Sekarang, pertanyaannya adalah bahwa, mengingat dokumentasi keperawatan pentingnya dan laporan dalam berbagai aspek, terutama utama peran komunikasi yang menulis laporan dalam salah satu tangan dan rendah kualitas keperawatan laporan dalam Iran pada sisi lain, dapat lebih tepat dan lebih efektif metode pendidikan disarankan dalam belajar mendalam dan menyeluruh bahwa dalam Selain melaporkan keperawatan yang akurat dan lengkap dapat digunakan sebagai sumber informasi dengan perawat setiap saat? Untuk menjawab pertanyaan ini `, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan mengevaluasi pengaruh e-learning dan kuliah (instructorled pendidikan) pada pengetahuan, sikap dan kinerja Temuan penelitian menunjukkan bahwa e-belajar seperti metode ceramah dapat mempengaruhi pengetahuan, sikap dan kinerja penulisan laporan dan akibatnya, 'para perawat dokumentasi kompetensi dan statistik tidak ada perbedaan yang signifikan dalam peningkatan pengetahuan, sikap dan kinerja antara e-learning dan metode kuliah. Temuan ini adalah sesuai dengan studi yang dilaporkan kesamaan e-learning dengan konvensional Hasil penelitian method.16 ,21-24 dari Zolfaghari et al. pada tahun 2007 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam belajar tingkat Ibu dan Kesehatan Anak Kursus antara konvensional (tradisional) dan elektronik pendidikan methods.16 Nathalie et al. di Belanda dalam sebuah penelitian yang serupa dengan Penelitian ini dalam hal program menunjukkan bahwa baik kuliah dan metode pendidikan elektronik sama meningkatkan pengetahuan umum praktisi tentang health.21 mental yang Namun, hasil studi Ghezelghash dkk. tidak sesuai dengan kita; didasarkan pada, setiap tiga metode pendidikan, yaitu, kuliah, pemecahan masalah dan belajar-sendiri belajar dengan komputer dapat memiliki efek positif pada belajar-ing dari mahasiswa keperawatan dalam membaca elektrokardiogram dan peningkatan ini lebih rendah pada pembelajaran belajar-sendiri oleh kelompok komputer daripada bahwa dalam groups.25 lainnya Thiele (2003) percaya bahwa pelajar online diakses informasi lebih lanjut dan dalam metode ini bahwa diri-langsung dibahas, pembelajar bertanggung jawab untuk belajar mereka sendiri dan kapan saja mereka inginkan, mereka akan mengakses pendidikan content.26 Teori ini sesuai dengan hasil studi Farokhifar yang menunjukkan perawat berhasil dengan diri-metode langsung dan mengkonfirmasi hipotesis pendidikan dewasa ' dari Noles di mana pelajar dewasa sering directed.27 diri Zeinaloo juga percaya bahwa baru metode pendidikan harus fokus pada orang dewasa ' belajar prinsip-prinsip, kebutuhan individu mereka dan study.28 diri demikian, pentingnya menggunakan e-learning sebagai pendidikan dan selfdirected Metode ini jelas jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elearning metode sebagai pembelajar berpusat-lebar metode pendidikan dapat meningkatkan kompetensi dari perawat dalam dokumentasi sebagai sama sebagai metode ceramah. Oleh karena itu pendidikan, elektronik dapat digunakan untuk memfasilitasi pendidikan keperawatan program. Untuk menyelesaikan studi ini, menyarankan bahwa penelitian lebih banyak dilakukan untuk menentukan tingkat ketahanan informasi dalam hal ini metode dibandingkan dengan metode lain serta menentukan efeknya pada program keperawatan lain. Para penulis menyatakan tidak ada konflik kepentingan di penelitian ini

pengkajian dokumentasi kebidan

pengkajian dokumentasi kebidan PENDAHULUAN Pelayanan keperawatan/kebidanan merupakan pelayanan profesional dari pelayanan kesehatan yang tersedia selama 24 jam secara berkelanjutan selama masa perawatan pasien. Dengan demikian, pelayanan keperawatan dan kebidanan memegang peranan penting dalam upaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit dan puskesmas. Dokumentasi keperawatan dan kebidanan tidak hanya merupakan dokumen sah tapi juga instrumen untuk melindungi para pasien, perawat dan bidan secara sah; oleh karena itu, perawat/bidan diharapkan dapat bekerja sesuai dengan standar profesional. PENGERTIAN Tungpalan (1983) mengatakan bahwa “Dokumen adalah suatu catatan yang dapat dibuktikan atau dijadikan bukti dalam persoalan hukum“. Sedangkan pendokumentasian adalah pekerjaan mencatat atau merekam peristiwa dan objek maupun aktifitas pemberian jasa (pelayanan) yang dianggap berharga dan penting . Dokumentasi asuhan dalam pelayanan keperawatan dan kebidanan adalah bagian dari kegiatan yang harus dikerjakan oleh perawat dan bidan setelah memberi asuhan kepada pasen. Dokumentasi merupakan suatu informasi lengkap meliputi status kesehatan pasen, kebutuhan pasen, kegiatan asuhan keperawatan/kebidanan serta respons pasen terhadap asuhan yang diterimanya . Dengan demikian dokumentasi keperawatan/ kebidanan mempunyai porsi yang besar dari catatan klinis pasen yang menginformasikan faktor tertentu atau situasi yang terjadi selama asuhan dilaksanakan. Disamping itu catatan juga dapat sebagai wahana komunikasi dan koordinasi antar profesi (Interdisipliner) yang dapat dipergunakan untuk mengungkap suatu fakta aktual untuk dipertanggungjawabkan. Dokumentasi asuhan keperawatan/kebidanan merupakan bagian integral dari asuhan keperawatan /kebidanan yang dilaksanakan sesuai standar. Dengan demikian pemahaman dan ketrampilan dalam menerapkan standar dengan baik merupakan suatu hal yang mutlak bagi setiap tenaga keperawatan/kebidanan agar mampu membuat dokumentasi keperawatan/kebidanan secara baik dan benar. Prinsip pencatatan ditinjau dari dua segi, yaitu dari segi isi maupun teknik pencatatan. A. ISI PENCATATAN 1. Mengandung Nilai Administratif Misalnya rangkaian pendokumentasian kegiatan pelayanan keperawatan merupakan alat pembelaan yang sah manakala terjadi gugatan. 2. Mengandung Nilai Hukum Misalnya catatan medis kesehatan keperawatan/kebidanan dapat dijadikan sebagai pegangan hukum bagi rumah sakit, petugas kesehaan, maupun pasien. 3. Mengandung Nilai Keuangan Kegiatan pelayanan medis keperawatan/kebidanan akan menggambarkan tinggi rendahnya biaya perawatan yang merupakan sumber perencanaan keuangan rumah sakit. 4. Mengandung Nilai Riset Pencatatan mengandung data, atau informasi, atau bahan yang dapat digunakan sebagai objek penelitian, karena dokumentasi merupakan informasi yang terjadi di masa lalu. 5. Mengandung Nilai Edukasi Pencatatan medis keperawatan/kebidanan dapat digunakan sebagai referensi atau bahan pengajaran di bidang profesi si pemakai. B. TEKNIK PENCATATAN 1. Menulis nama pasen pada setiap halaman catatan perawat/bidan 2. Mudah dibaca, sebaiknya menggunakan tinta warna biru atau hitam 3. Akurat, menulis catatan selalu dimulai dengan menulis tanggal, waktu dan dapat dipercaya secara faktual 4. Ringkas, singkatan yang biasa digunakan dan dapat diterima, dapat dipakai. Contoh : Kg untuk Kilogram 5. Pencatatan mencakup keadaan sekarang dan waktu lampau 6. Jika terjadi kesalahan pada saat pencatatan, coret satu kali kemudian tulis kata “salah” diatasnya serta paraf dengan jelas. Dilanjutkan dengan informasi yang benar “jangan dihapus”. Validitas pencatatan akan rusak jika ada penghapusan. 7. Tulis nama jelas pada setiap hal yang telah dilakukan dan bubuhi tanda tangan 8. Jika pencatatan bersambung pada halaman baru, tandatangani dan tulis kembali waktu dan tanggal pada bagian halaman tersebut. C. JENIS-JENIS PENCATATAN Ada dua jenis pencatatan : 1. Catatan Pasen secara Tradisional Catatan pasen secara tradisional merupakan catatan yang berorientasi pada sumber dimana setiap sumber mempunyai catatan sendiri. Sumber bisa didapat dari perawat, dokter, atau tim kesehatan lainnya. Catatan perawat terpisah dari catatan dokter dan catatan perkembangan. Biasanya catatan ditulis dalam bentuk naratif. Sistem dokumentasi yang berorientasi pada sumber yang ditulis secara terpisah-pisah sulit menghubungkan keadaan yang benar sesuai perkembangan pasien. Catatan tradisional umumnya mempunyai enam bagian, yaitu : catatan khusus, lembar catatan dokter, lembar riwayat medik, lembar identitas, catatan keperawatan, dan laporan khusus lainnya. 2. Catatan Berorientasi pada Masalah Pencatatan yang berorientasi pada masalah berfokus pada masalah yang sedang dialami pasen. Sistem ini pertama kali diperkenalkan oleh dr. Lawrence Weed dari USA, dimana dikembangkan satu sistem pencatatan dan pelaporan dengan penekanan pada pasien tentang segala permasalahannya. Secara menyeluruh sistem ini dikenal dengan nama “Problem Oriented Method”. Problem Oriented Method (POR) merupakan suatu alat yang efektif untuk membantu tim kesehatan mengidentifikasi masalah-masalah pasen, merencanakan terapi, diagnosa, penyuluhan, serta mengevaluasi dan mengkaji perkembangan pasen. POR adalah suatu konsep, maka disarankan untuk membuat suatu format yang baku. Tiap pelayanan dapat menerapkan konsep ini dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi setempat. Komponen dasar POR terdiri dari empat bagian, yaitu : a. Data Dasar; identitas, keluhan utama, riwayat penyakit sekarang dan sebelumnya. Riwayat kesehatan keluarga, pemeriksaan fisik, laboratorium, dan lain-lain, data dasar diperlukan tergantung dari unit atau jenis asuhan yang akan diberikan, misalnya: data dasar unit kebidanan akan berbeda dengan unit bedah. b. Daftar Masalah; masalah pasien didapat dari hasil kajian. Pencatatan dasar masalah dapat berupa gejala-gejala, kumpulan gejala, atau hasil laboratorium yang abnormal, masalah psikologis, atau masalah sosial. Masalah yang ada mungkin banyak sehingga perlu diatur menurut prioritas masalah dengan memberi nomor, tanggal pencatatan, serta menyebutkan masalahnya. Daftar memberikan keuntungan bagi perawat sebagai perencana keperawatan. c. Rencana. Rencana disesuaikan dengan tiap masalah yang ada. Dengan demikian perawat dapat merencanakan sesuai kebutuhan pasen. d. Catatan Perkembangan Pasen. Adalah semua catatan yang berhubungan dengan keadaan pasen selama dalam perawatan. Pada umumnya catatan ini terdiri dari beberapa macam bentuk, antara lain :  Catatan Berkesinambungan (Flow Sheet)Digunakan untuk mencatat hasil observasi perawatan secara umum, khususnya pada keadaan pasen yang sering berubah-ubah dengan cepat.  Catatan secara Naratif (Notes)  Catatan akan Pulang/Sembuh (Discharge Notes) Dokter maupun perawat membuat kesimpulan tentang keadaan pasen selama dirawat, baik mengenai permasalahan dan tindak lanjut yang dibutuhkan Ada beberapa bentuk format dokumentasi yang dapat digunakan perawat untuk mengidentifikasi dan mengkaji masalah pasen antara lain, : S O A P Format SOAP umumnya digunakan untuk pengkajian awal pasen. S : Subjective  Pernyataan atau keluhan dari pasen O : Objective  Data yang diobservasi oleh perawat atau keluarga. A : Analisys  Kesimpulan dari objektif dan subjektif P : Planning  Rencana tindakan yang akan dilakuakan berdasarkan analisis
informed choice dan informed consent dan contoh kasus INC Informed choice berarti membuat pilihan setelah mendapatkan penjelasan tentang alternatif asuhan yang akan dialaminya, pilihan (choice) harus dibedakan dari persetujuan (concent). Persetujuan penting dari sudut pandang bidan, karena itu berkaitan dengan aspek hukum yang memberikan otoritas untuk semua prosedur yang dilakukan oleh bidan. Sedangkan pilihan (choice) lebih penting dari sudut pandang wanita (pasien)sebagai konsumen penerima jasa asuhan kebidanan. Tujuannya adalah untuk mendorong wanita memilih asuhannya. Peran bidan tidak hanya membuat asuhan dalam manajemen asuhan kebidanan tetapi juga menjamin bahwa hak wanita untuk memilih asuhan dan keinginannya terpenuhi. Hal ini sejalan dengan kode etik internasional bidan yang dinyatakan oleh ICM 1993, bahwa bidan harus menghormati hak wanita setelah mendapatkan penjelasan dan mendorong wanita untuk menerima tanggung jawab untuk hasil dari pilihannya. Rekomendasi 1. Bidan harus terusmeningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam berbagai aspek agar dapat membuat keputusan klinis dan secara teoritis agar dapat memberikan pelayanan yang aman dan dapat memuaskan kliennya 2. Bidan wajib memberikan informasi secara rinci dan jujur dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh wanita dengan menggunakan media laternatif dan penerjemah, kalau perlu dalam bentuk tatap muka secara langsung 3. Bidan dan petugas kesehatan lainnya perlu belajar untuk membantu wanita melatih diri dalam menggunakan haknya dan menerima tanggung jawab untuk keputusan yang mereka ambil sendiri 4. Dengan berfokus pada asuhan yang berpusat pada wanita dan berdasarkan fakta, diharapkan bahwa konflik dapat ditekan serendah mungkin 5. Tidak perlu takut akan konflik tapi menganggapnya sebagai suatu kesempatan untuk saling memberi dan mungkin suatu penilaian ulang yang objektif, bermitra dengan wanita dari sistem asuhan dan suatu tekanan positif. Bentuk pilihan (choice) yang ada dalam asuhan kebidanan Ada beberapa jenis pelayanan kebidanan yang dapat dipilih oleh pasien antara lain : • Gaya, bentuk pemeriksaan antenatal dan pemeriksaan laboratorium/screaning antenatal • Tempat bersalin (rumah, polindes, RB, RSB, atau RS) dan kelas perawatan di RS • Masuk kamar bersalin pada tahap awal persalinan • Pendampingan waktu bersalin • Clisma dan cukur daerah pubis • Metode monitor denyut jantung janin • Percepatan persalinan • Diet selama proses persalinan • Mobilisasi selama proses persalinan • Pemakaian obat pengurang rasa sakit • Pemecahan ketuban secara rutin • Posisi ketika bersalin • Episiotomi • Penolong persalinan • Keterlibatan suami waktu bersalin, misalnya pemotongan tali pusat • Cara memberikan minuman bayi • Metode pengontrolan kesuburan Informed concent bukan hal yang baru dalam bidang pelayanan kesehatan. Informed concent telah diakui sebagai langkah yang paling penting untuk mencegah terjadinya konflik dalam masalah etik. Informed concent berasal dari dua kata, yaitu informed (telah mendapat penjelasan/keterangan/informasi) dan concent (memberikan persetujuan/mengizinkan. Informed concent adalah suatu persetujuan yang diberikan setelah mendapatkan informasi. Menurut Veronika Komalawati pengertian informed concent adalah suatu kesepakatan/persetujuan pasien atas upaya medis yang akan dilakukan dokter terhadap dirinya setelah pasien mendapatkan informasi dari dokter mengenai upaya medis yang dapat dilakukan untuk menolong dirinya disertai informasi mengenai segala resiko yang mungkin terjadi Dalam PERMENES no 585 tahun 1989 (pasal 1) Informed concent diatfsirkan sebagai persetujuan tindakan medis adalah persetujuan yang diberikan pasien atau keluarganya atas dasar penjelasan mengenai tindakan medik yang dilakukan terhadap pasien tersebut. Langkah-langkah pencegahan masalah etik Dalam pencegahan konflik etik dikenal ada 4, yang urutannya adalah sebagai berikut : 1. Informed concent 2. Negosiasi 3. Persuasi 4. Komite etik Informed concent merupakan butir yang paling penting, kalau informed concent gagal, maka butir selanjutnya perlu dipergunakan secara berurutan sesuasi dengan kebutuhan. Informed concent adalah persetujuan yang diberikan oleh pasien/walinya yang berhak terhadap bidan untuk melakukan suatu tindakan kebidanan terhadap pasien sesudah memperoleh informasi lengkap dan yang dipahaminya mengenai tindakan itu. Dalam proses informed concent : • Dimensi yang menyangkut hukum dalam hal ini informed concent merupakan perlindungan bagi pasien terhadap bidan yang berprilaku memaksakan kehendak, dimana proses informed concent sudah memuat : 1. Keterbukaan informasi dari bidan kepada pasien 2. Informasi tersebut harus dimengerti pasien 3. Memberikan kesempatan kepada pasien untuk memberikan kesempatan yang baik • Dimensi yang meyangkut etik Dari proses informed concent terkandung nilai etik sebagai berikut : 1. Menghargai kemandirian/otonomi pasien 2. Tidak melakukan intervensi melainkan membantu pasien bila dibutuhkan/diminta sesuai dengan informasi yang telah dibutuhkan 3. Bidan menggali keinginan pasien baik yang dirasakan secara subjektif maupun sebagai hasil pemikiran yang rasional STUDY KASUS INC PASIEN BIDAN INFORMASI CHOICE (PILIHAN) KEPUTUSAN CONSENT (PERSETUJUAN) MENOLAK ( REFUSAL) MENANDATANGANI FORM MENANDATANGANI FORM PERSETUJUAN PENOLAKAN Urutan pelaksanaan informed consent Dari bagan aliran diatas menunjukkan alur yang senantiasa berurutan, pada tahap pertama bidan dengan pasien dihubungkan dengan suatu dialog, forum informasi (informed), kemudian terjadi pilihan (choice) dan pengambilan keputusan. Terdapat 2 keluaran pengambilan keputusan; 1. Menyetujui sehingga menandatangani form persetujuan 2. Menolak dengan menandatangani form penolakan Sehingga baik persetujuan maupun penolakan sebaiknya dituangkan dalam bentuk tertulis, jika terjadi permasalahan, maka secara hukum bidan mempunyai kekuatan hukum karena mempunyai bukti tertulis, jika terjadi permasalahan, maka secara hukum bidan mempunyai kekuatan hukum karena mempunyai bukti tertulis yang menunjukkan bahwa prosedur pemberian informasi telah dilalui dan keputusan ada di tangan klien untuk menyetujui atau menolak. Hal ini sesuai dengan hak pasien untuk menentukan diri sendiri, yaitu pasien berhak menerima atau menolak tindakan atas dirinya setelah diberi penjelasan sejelas-jelasnya. Dari uraian diatas ternyata pelaksanaan informed consent cukup sulit terbukti masih ditemukan beberapa masalah yang dihadapi oleh pihak bidan atau rumah sakit atau rumah bersalin, yaitu: 1. Pengertian kemampuan secara hukum dari orang yang akan menjalani tindakan, serta siapa yang berhak menandatangani surat persetujuan dimana harus ditentukan peraturan mengenai batas usia, kesadaran, kondisi mentalnya dsb. Sampai sejauh mana orang yang sedang merasa kesakitan, seperti misalnya ibu inpartu mampu menetapkan pilihan atau berkonsentrasi terhadap penjelasan yang diberikan. Apakah orang dalam keadaan sakit mampu secara hukum menyatakan persetujuan. 2. Masalah wali yang sah. Timbul apabila pasien atau ibu tidak mampu secara hukum untuk menyatakan persetujuannya. 3. Masalah informasi yang diberikan yaitu seberap jauh informasi dianggap telah dijelaskan dengan cukup jelas, tetapi juga tidak terlalu terinci sehingga dianggap menakut-nakuti. 4. Dalam memberikan persetujuan, apakah diperlukan sanksi, apabila diperlukan apakah sanksi tersebut perlu menandatangani formulir yang ada. Bagaimana menentukan sanksi. 5. Dalam keadaan darurat, misalnya kasus perdarahan pada ibu hamil, dan keluarganya belum dapat dihubungi, dalam keadaan seperti ini siapakah yang berhak memberikan persetujuan, sementara pasien perlu segera ditolong. Bagaimana perlindungan hukum kepada si bidan yang melakukan tindakan atas dasar keadaan darurat dan dalam upaya penyelamatan jiwa ibu dan janinnya. Akhirnya bahwa manfaat informed consent adalah untuk mengurangi keadaan malpraktek dan agar bidan lebih berhati-hati dan alur pemberian informasi benar-benar dilakukan dalam memberikan pelayanan kebidanan. CONTOH INFORMED CONSENT DALAM TINDAKAN PERSALINAN Bidan Praktek Swasta................ Alamat....................................... Telp........................................... Kode Pos................................... PERSETUJUAN TINDAKAN PERTOLONGAN PERSALINAN nomor:........ Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : Tempat/Tinggal Lahir : Alamat : Kartu Identitas : Pekerjaan : Selaku individu yang meminta bantuan pada fasilitas kesehatan ini, bersama ini menyatakan kesediaannya untuk dilakukan tindakan dan prosedur pertolongan persalinan pada diri saya berikan setelah mendapat penjelasan dari bidan yang berwenang di fasilitas kesehatan tersebut diatas, sebagaimana berikut ini: 1. Diagnosis kebidanan............................................................................................. 2. Untuk melakukan pertolongan persalinan, perlu dilakukan tindakan................... 3. Setiap tindakan kebidanan yang dipilih bertujuan untuk kesejahteraan dan keselamatan ibu dan janin. Namun demikian, sebagaimana telah dijelaskan terdahulu, setiap tindakan mempunyai resiko, baik yang telah diduga maupun yang tidak diduga sebelumnya. 4. Penolong telah pula menjelaskan bahwa ia akan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan tindakan pertolongan persalinan dan menghindarkan kemungkinan risiko, agar diperoleh hasil asuhan kebidanan yang optimal. 5. Semua penjelasan tersebut diatas, sudah saya maklumi dan dijelaskan dengan kalimat yang jelas dan saya mengerti sehingga saya memaklumi arti tindakan atau asuhan kebidanan yang saya alami. Dengan demikian terjadi kesalah pahaman diantara pasien dan bidan tentang upaya serta tujuan, untuk mencegah timbulnya masalah hukum dikemudian hari. Apabila dalam keadaan dimana saya tidak mampu untuk memperoleh penjelasan dan memberi persetujuan maka saya menyerahkan mandat kepada suami atau wali saya yaitu: Nama :.............................................. Tempat/Tanggal Lahir :.............................................. Alamat :.............................................. Kartu Identitas :.............................................. Pekerjaan :.............................................. Demikian agar saya maklum, surat persetujuan ini saya buat tanpa paksaan dari pihakmanapun dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. ...............................,................. Bidan Yang Memberi Persetujuan/ Pasien (............................) (...............................)
Fakta tentang Donghae Super Junior kali ini, autor mau ngebahas tentang si gantengs yg jago main bola, donghae oppa hihi. Langsung aja dah, ini dia fakta-faktanya
01 Donghae meninggalkan pesan ke Eunhyuk dengan isi “Hyukjae, Aku mencintaimu~” 02 Sebelum bungee-jump, 250* teriak “Ayo kita putus, Donghae!” Donghae membalas, “Cepat turun, aku akan memukulmu!” 03 Seseorang bilang “Aku tidak bisa tidur dengan tenang karena ada nyamuk. Hyung, tolong ajari nyamuk-nyamuknya agar mereka tidak mengangguku.” Donghae membalas, “Berikan aku nama lengkap dan alamat si nyamuk, akan kuberi pelajaran dia. 04 Percayalah, dia, adalah salah satu anggota yang paling populer di antara anggota Super Junior. 05 Dia sangat menyukai barang seperti khususnya topi ketika dia tidur, mencuci muka, menggosok gigi, dia akan selalu memakainya, percayalah rambut dan topinya akan selalu bersama tidak bisa lepas satu sama lain. 06 Di hari ulang tahunnya, Donghae memberikan hadiah kepada 茄子[Qie zi]* dan 特妈[Te ma]*, dia memberikan Qie zicelana tapi ukurannya salah, oleh karena itu Donghae memberitahu Qie zi, “Hyung, kamu tidak mungkin cukup dengan celana itu, tukar dengan yang lainnya kalau begitu.~” 07 Ketika waktunya Donghae untuk cuci piring, dia akan bilang “Hyung, ayo kita bermain (untuk memutuskan siapa yang akan mencuci).” Pada akhirnya Hangeng kalah dan menangis menyedihkan, “Padahal aku yang sudah memasak makanannya!” 08 Di dapur tugasnya ada 10 orang harus berbagi, Donghae selalu mengambil foto kemana-mana, akhirnya dia tidak pernah memasak. 09 Waktu muda, Donghae selalu memencet bell rumah tetangga setiap hari sehabis pulang sekolah, dia selalu kabur, suatu hari dia pernah tertangkap dan akhirnya dipukul oleh tetangganya. 10 Waktu masih remaja, anak-anak selalu bermain, siapapun yang berada satu grup dengan Donghae pasti selalu kalah. * Menunjukkan panggilan ke Eunhyuk, karena hanya ikatannya Eunhae sungguh kuat. Sebetulnya itu adalah nicknames yang diberikan oleh orang ELF China kepada mereka. Feel free to correct me if I’m wrong. >< * Aku melakukan pencarian dan percaya bahwa 茄子(artinya “Eggplant”) menunjukkan ke Kangin, dimana 特妈(artinya “Mother Teuk”) menunjukkan ke Leeteuk. Once again, feel free to correct me. >< 11 Ketika Donghae masih SD, dia adalah murid yang paling tinggi di SD-nyam sehingga mereka memberikannya nama “Lee Tall Person”, tetapi setelah lulus SD dia tidak pernah tumbuh lagi (tingginya), maka itu ia ingin gadis impiannya tingginya 167 cm. 12 Ketika Donghae berumur 21 tahun, dia sudah berpikir untuk menjadi seorang ayah dan akan menamakan anaknya “Lee Tian Kong” (Lee Sky), “Lee Hai Yang” (Lee Ocean), “Lee Yun Duo” (Lee Cloud)… 13 Donghae suka menyimpan uangnya di suatu bucket (seperti celengan) 14 Ketika pembawa acara bertanya “Apa panggilan sayang untuk kalian?” Kangin bilang “宝贝” (baca”Baobei”, artinya “Darling”) Donghae keceplosan, “Hyung memanggil semua wanita dengan ‘Baobei’.” lalu MCnya bertanya “Bagaimana denganmu, Donghae?” Donghae membalas “海他妈” (baca “Hai Ta Ma”, gatau apa artinya) Kangin lalu bilang “Anjing Donghaejuga dipanggil 海(Hai)” 15 Setelah membawa Bada pulang ke rumah, dia juga mempunyai anjing lain bernama 九尾狐 (dibaca “Jiu Wei Hu”, artinya “Nine-tailed fox”), orang-orang berpikir dia menamainya seperti itu karena Donghae suka menonton Naruto, Donghae bilang “His sirname is 九(baca ‘Jiu’, artinya ‘Nine’).” 16 Ryeowook pernah bilang bahwa dia selalu suka memasak untuk hyungnya kapan saja. Lalu, Donghae pulang tengah malam setelah latihan SM-nya, lalu dia membangunkan Ryeowook yang lagi tidur dan bilang, “Bangun dan masaklah untukku.” Ryeowook menajdi terganggu dan bilang “Hyung, kenapa kamu seperti ini? Aku sedang tidur, aku bukan tukang masak.” Donghae dengan tampang polos, “Kenapa tidak? Kamu selalu bilang kamu yang selalu memasak, jadi aku bangunin kamu, bukannya kamu selalu bilang seperti itu sebelumnya? Kalau begitu, aku tidak akan lagi membangunkanmu lagi nantinya.” Ryeowook lalu bilang, “Baiklah, Aku masak untuk Hyung.” 17 Di hari tertentu, Donghae berlari ke member yang lain dan bilang, “Aku lupa membawa HP-ku aku akan mengambilnya dulu.” 18 Lee Donghae sangat menyukai Song Hye Kyo, dia selalu menonton dramanya berulang-ulang di televisi dan jika the Princess (Heechul) ingin mengganti channelnya, dia akan berteriak “Hey! Kim Heechul!”, adan menggantinya lagi ke drama yang tadi. 19 Lee Donghae selalu bilang jika ada gadis yang dia suka, dia akan langsung maju dan menyatakan cintanya “Jika memungkinkan, menurut apa yang sudah saya katakan, jika itu merupakan suatu beban, saya akan mundur jauh-jauh.” 20 Ketika Donghae sedang ujian SMA, Princess (Heechul) bangun pagi-pagi untuk membuatkan telur untuknya (untuk sarapan) 21 Anggota ke -13 yang paling kecil (Kyuhyun) bilang “Saya sangat tersanjung mengenal Donghae Hyung, tapi ketika aku sedang bersamanya, Aku merasa aku yang menjadi hyungnya.” 22 Ketika Kibum pulang ke Korea, Donghae yang paling pertama memeluknya. 23 Waktu remaja, Donghae suka berada di balkon, dia suka melempar ke kolong mobil. 24 Ketika Donghae duduk terlalu lama, secara tidak sadar dia akan memakai lengannya untuk memeluk kaki kanannya. 25 Lee Donghae sangat menyukai anak kecil jika dia bertemu dengan salah satunya, dia akan menjaganya. 26 “Aiden” adalah nama Inggrisnya, dia menamai dirinya sendiri 27 Dia sebenarnya sangat benci warna pink, karena Rabbit (Sungmin) tinggal bersamanyawho lives with him, dimana sangat menyukai warna pink dan dia sebenarnya tidak tahan. Walau bagaimanapun Rabbit adalah Hyungnya, dia tidak bisa berbuat apa-apa. Donghae bilang, “Saya benar-benar tidak tahan, dia sudah tua tapi masih bertingkah seperti anak-anak, selalu bertindak manis dengan ibunya (ditelpon?) dan itu membangunkan aku.” MCnya bertanya, “Lalu, apakah kamu tidak mengucapkan apapun?” Donghae membalas, “Dia adalah Hyung-ku jadi saya tidak bisa apa-apa, aku hanya bangun dan meninggalkan ruangan.” MC bertanya lagi, “Bagaimana jika dia adalah dongsaeng-mu? Apakah kamu akan menendangnya?” Donghae membalas, “Huh? Aku juga tidak akan pernah menendangnya.” 28 Donghae sangat takut sendirian, ketika dia makan, dia memerlukan seseorang untuk menemaninya atau dia akan menolak untuk makan. 29 Dia tidak mengerti kenapa ketika dia memberikan tanda tangannya kepada seseorang, orang itu akan mengucapkan terima kasih padanya, dia yang seharusnya merasa berterima kasih, terimakasih karena sudah mencintai SJ 30 Dia pikir “Donghae” bukanlah namanya, tapi meskipun demikian dia selalu menulis namanya sebagai “Donghae” Heheh gimana ...keren kan oppa yang satu ini,, jadi makin cinta ajah ihh autor ama Donghae oppa.
Cek..cekk..cekk.. akhirnya setelah hiatus yang begitu panjang autor balik lagi .. kali ini karna lagi jamannya boyband, autor mau nulis tentang profil Super junior. Sipa coba yang g kenal boyband satu ini. Profile personil super Junior,Biodata Suju – Boyband Korea Super Junior yang lebih simple dan dikenal dengan SJ atau SuJu merupakan salah satu group band yang banyak di gemari oleh cewek-cewek ABG, karena memang personile SuJu atau Super Junior seperti yang dapat kita lihat dalam video-video Super Junior maupun foto-foto personil Super Junior SuJu, mereka terlihat sangat tampan, ganteng, fresh and cool banget. Jadi tidak heran, jika boyband korea ini banyak digandrungi para ABG. Super Junior merupakan sebuah grup musik R&B yang berasal dari Seoul, Korea Selatan, yang jumlah anggotanya bisa dibilang sangat banyak, yaitu 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Dan berikut adalah Profile Super Junior,biodata personil Super Junior lengkap.
Leeteuk (cara mengucapkannya Eeteuk) Nama asli: Park Jungso Nama Mandarin: Li Te Nama panggilan: Angel Without Wings, Gaeteuk (oleh Heechul), Special Leader, Peter Pan, Ori (alias Bebek) Tanggal lahir: 1 Juli 1983 Tempat lahir: Seoul Yeonshinnae Tinggi badan: 178 cm (kalo di Star King dia bilang tinggi badannya kalo ga pake hak sepatu tambahan alias shoelift adalah 175 cm (petir menyambar hahaha) Berat badan: 59 kg Golongan darah: A Agama: Kristen Posisi: Leader, sub-vocal Saudara: kakak perempuan Park Inyoung (1982) Keahlian/Hobi: piano, komposisi (musik), dengerin musik, nyanyi Pendidikan: pindah dari Paekche Institute of the Arts ke Inha University Cewek ideal: Cewek yang cantik molek dan bersifat terbuka, tinggi ideal 163 cm dengan pergelangan kaki dan tangan yang kurus. Leeteuk oppa adalah leader yang bertanggung jawab banget! Kepribadiannya yang lucu dan easy going bikin dia gampang deket sama member-member yang lain. Sebagai leader, dia juga tau hampir semua rahasia terdalam anggotanya. Tapi Leeteuk oppa niy termasuk member yang pelit! (Omonaa…) Pernah dia mau masuk tol tapi nggak bawa uang! Akhirnya dia minta sama managernya yang kebetulan bareng satu mobil sama dia. Tapii… ternyata managernya sama payahnya! Dia juga nggak bawa uang! Akhirnya setelah nyari-nyari di mobil, nemu juga uang 500 won dan dia minta diskon besar-besaran sama penjaga loketnya. Ckckck… Ada juga cerita kalau dia janji akan neraktir member-member lain habis latihan selesai, tapi akhirnya nggak pernah jadi. Leeteuk oppa juga leader yang bener-bener dipercaya. Bahkan waktu awal-awal pembentukan Super Junior dan ada pertemuan orang tua, ayah Donghae oppa ngomong ke Leeteuk oppa empat mata dan minta dia supaya ngejaga Donghae oppa… *Hiks… Terharu…*
Heechul Nama asli: Kim Heechul Nama Mandarin: Xi Che Nama panggilan: Heenim, Cinderella, Flower, Kim Pink, Kim Moodswing, Kim Cherry (dari Youngstreet), Snake/Ular (dari Shio China), Heerobbong (bagian dari Bbong bersaudara sama-sama Donghae dan U-Know Yunho), Heebongie Hyung (nama panggilan Heechul dari Yesung) Tanggal lahir: 10 Juli 1983 Tempat lahir: Daerah Hoengseong, Kangwondo; tapi tinggal di Wonju, Kangwondo Tinggi badan: 179 cm Berat badan: 60 kg Golongan darah: AB Agama: Atheis/Agnostik Posisi: sub-leader, rapper, sub-vocal Saudara: kakak perempuan Kim Heejin (1982) Keahlian/Hobi: menulis puisi, menulis cerita dongeng, main game komputer Pendidikan: Sangji University; lulus taun 2008. Cewek ideal: Cewek dengan satu kelopak mata yang mempunyai leher yang indah dan juga terlihat cantik kalo pake rok mini dan/atau kalo rambutnya diikat. Heechul oppa ini selain di dunia musik juga sukses di dunia akting. Dia ini pretty boy alias kkotminam-nya Super Junior. Suka warna pink. Dia lucu banget dan suka bikin ketawa. Cek aja lewat reality show-nya Super Junior. Tingkahnya yang berkesan nggak tau malu jadi bikin ketawa. Tapi, Heechul oppa ini ternyata orang yang cuek banget! Dia nggak peduli masalah pernikahan dan orang lain. Waktu ditanyain aja, dia bilang dia nggak nggubris masalah pernikahan. Kayaknya orang dengan prinsip “let it flow…”.
Han Geng/Hankyung Nama asli: Han Geng Nama panggilan: Beijing Fried Rice(Nasi Goreng Beijing) (gara-gara Han Geng salah nyebut ‘nasi goreng’ dalam bahasa Korea di “Full House”, jadi diketawain Heechul deh…), Dragon/Naga (dari Shio China) Tanggal lahir: 9 Februari 1984 Tempat lahir: Mudanjiang, Provinsi Hei Long Jiang Tinggi badan: 181 cm Berat badan: 66 kg Golongan darah: B (awalnya golongan darahnya dikirain O terus jadi A. Baru tau golongan darahnya B waktu diperiksa tahun 2006.) Agama: Atheis Posisi: lead dancer, sub-vocal Saudara: anak tunggal Keahlian/Hobi: tari tradisional China, ballet, game komputer Pendidikan: Central University for Nationalities Cewek ideal: Cewek imut yang menghormati orang tuanya dan mencintainya apa adanya. Hankyung oppa ini berasal dari China dan lolos lewat audisi SM Entertainment dan ngalahin ribuan peserta lain. Dia ini suka masak nasi goreng China. Tapi waktu awal-awalnya dia cukup kesusahan di masalah bahasa. Untung akhirnya dia udah bisa dan terbiasa. Hankyung oppa ini jago balet dan udah belajar balet kurang lebih enam tahun. Dia dan keluarganya juga baik banget sama anggota Super Junior lain. Waktu Suju M ke China, Hankyung oppa sama keluarganya bahkan ngirim makanan buat mereka.
Yesung Nama asli: Kim Jongwoon Nama Mandarin: Yi Xing Nama panggilan: Cloud, Dog/Anjing (dari Shio China), Rabid Dog/Anjing Rabies (nama panggilan Yesung dari Heechul) Tanggal lahir: 24 Agustus 1984 Tempat lahir: Chunahn, Provinsi Choongchung Selatan Tinggi badan: 178 cm Berat badan: 64 kg Golongan darah: AB Agama: Katolik Posisi: lead vocal Saudara: adik laki-laki Kim Jongjin (1987) Keahlian/Hobi: nyanyi, dengerin musik, latihan di gym (?) Pendidikan: Chungwoon University, kemungkinan pindah ke Sunmoon University; lulus awal taun 2009. Cewek ideal: kayak Moon Geungyoung Dia member yang cukup koplak. Bukan dengan kata-katanya, tapi dengan tingkah lakunya. Kalau kalian udah liat reality show Super Junior Exploring Human Body, kalian pasti setuju. Di sana Yesung oppa berlagak sok tau dan selalu jadi bahan percontohan. Tapi sikapnya itu justru bikin ketawa. Sebutannya jadi: Unpredictable Yesung! Oppa yang satu ini selain punya karakteristik suara yang kuat, juga merupakan salah satu orang teraneh di Super Junior.
Kangin Nama asli: Kim Youngwoon Nama Mandarin: Jiang Ren Nama panggilan: Bear Kangin, Strength Kangin, Korea No.1 Handsome Guy, Kang Kings, Kkang, Neoguri (alias Racoon/Rakun, muncul dari “Full House”), Ox (dari Shio China), Youngchoon (nama panggilan Kangin dari Heechul) Tanggal lahir: 17 Januari1985 Tempat lahir: Seoul Seodaemoongoo HongEunDong Tinggi badan: 180 cm Berat badan: 70 kg Golongan darah: O Agama: Kristen, tapi ada juga yang bilang Atheis Posisi: sub-vocal Saudara: anak tunggal Keahlian/Hobi: akting, nyanyi, kick boxing, berenang Pendidikan: Paekche Institute of the Arts or Seni Teater Cewek ideal: Cewek yang kaya dan cantik yang memiliki kaki yang indah dan rambut lurus panjang. Kangin oppa sempet dikasih gelar “The Best Bad Boy”. Itu karena dia cukup banyak terlibat masalah dan bikin dia harus berurusan sama polisi. Tapi di luar itu, dia member yang paling kuat. Nggak ada member lain yang lebih kuat dari dia. Dia juga hyung yang lucu. Sering bertingkah dan berkata-kata yang konyol. Di reality show Super Junior Exploring Human Body, Kangin oppa nunjukin sifat jahilnya salah satunya dengan melorotin celana beberapa anggota Super Junior. Sampe-sampe Eunhyuk oppa yang dijahilin jadi balas dendam dengan ngejatuhin foto gedenya Kangin oppa. Hoho, ada-ada aja…
Shindong Nama Asli: Shin Donghee Nama Mandarin: Shen Dong Nama panggilan: Dongri Dong Dong (dari Ppo Ppo Ppo), Dolpan Ogyupsal (sejenis makanan) Tanggal lahir: 28 September 1985 Tempat lahir: Moonkyung, Provinsi KyungGi Utara Tinggi badan: 178 cm Berat badan: 90 kg (25/03/09-93 kg) Golongan darah: O Agama: Kristen Posisi: lead dancer, rapper Saudara: anak tunggal Keahlian/Hobi: bikin macam-macam ekspresi wajah, bikin lelucon, menari Pendidikan: Paekche Institute of the Arts Cewek ideal: Cewek yang imut dan pendek Ini member yang paling gede badannya. Tapi juga polos. Sering dia ngelontarin pertanyaan-pertanyaan polos di reality show. Shindong oppa juga merupakan salah satu penari terbaik di Super Junior.
Sungmin Nama asli: Lee Sungmin Nama Mandarin: Cheng Min Nama panggilan: Sweet Pumpkin, Minimi Tanggal lahir: 1 Januari 1986 Tempat lahir: Ilsan, Provinsi KyungGi Tinggi badan: 175 cm Berat badan: 57 kg Golongan darah: A Agama: Kristen Posisi: lead vocal Saudara: adik laki-laki Lee Sungjin Keahlian/Hobi: bela diri China, akting, nonton film, main musik Pendidikan: pindah dari Seoul Arts University; sekarang mahasiswa di Myongji University Cewek ideal: Cewek yang imut, pendek, dan baik hati Sungmin oppa ini member yang paling pinter macem-macem jenis bela diri (kayak kungfu dan sejenisnya). Dia juga member yang paling lentur! Haha… Tapi selain itu, Sungmin oppa itu member yang paling suka berusaha keras. Keep the good work oppa!
Eunhyuk Nama asli: Lee Hyukjae Nama Mandarin: En He Nama panggilan: Jewel Guy/Cowok Permata, Monkey/Monyet (dari Shio China) Tanggal lahir: 4 April 1986 Tempat lahir: Goyangshi NeungGok Tinggi badan: 176 cm (di Yashimmanman disebutin tinggi badannya +/- 2 cm jadi 174 cm) Berat badan: 58 kg Golongan darah: O Agama: Kristen Posisi: lead dancer, rapper, sub-vocal Saudara: kakak perempuan Lee Sora (1984) Keahlian/Hobi: tarian segala jenis, olahraga, dengerin musik Pendidikan: Mahasiswa di Pai Chai University Cewek ideal: Cewek berkulit putih, imut, dan pendek Satu dari member Super Junior yang paling aku suka! (Gubrak! Nggak penting banget sih aku ini…). Eunhyuk oppa ini couplenya Donghae oppa. Dia juga temen kecilnya Xiah Junsu dari TVXQ. Dia satu dari penari terbaik Super Junior. Dan menurutku emang dialah yang tariannya terbaik! Dia sering bikin koreografi buat Super Junior. Eunhyuk oppa dibilang leader rappernya Super Junior dan terkadang bikin rap-rap-an di lagu-lagu Super Junior. Eunhyuk oppa ini member yang luamayan gampang tersentuh dan care banget sama anggota yang lain. Cek aja di reality show Exploring Human Body tentang gimana cara mereka dapet air matanya Eunhyuk oppa sama Ryeowook oppa. Dia bener-bener sayang sama anggota Super Junior yang lain. Dan menurutku dia juga lucu. Tapii… Dia ini sebelas duabelas sama Leeteuk oppa. Dia juga pelit! Bahkan kalo pergi bareng dan masalah bayar-membayar dia suka bilang sama Leeteuk oppa,”Hyung, bukannya kamu yang bayar?” Hehe… Dasar curang. Contoh laen, dia pernah pergi ke supermarket cuma bawa uang sekitar Rp 2.000-an! Kontan aja dia harus ngembaliin barang-barang yang nggak cukup kebeli. Haduh haduh… Dia juga member yang kalo katanya Leeteuk oppa, suka ngutang tapi selalu lupa bayar! Hoho… Bener-bener deh oppaku yang satu ini.
Donghae Nama asli: Lee Donghae Nama Mandarin: Dong Hai Nama panggilan: Fishy (sebenarnya hanya “Fish” tapi cara nyebutnya dalam bahasa Korea jadi kayak Fishy), Donghae Bada (East Sea/Laut Timur), Pinocchio (dinamain Heechul), Dorobbong (bagian dari Bbong bersaudara dengan Heechul dan U-Know Yunho), Tiger/Macan (dari Shio China) Tanggal lahir: 15 Oktober 1986 Tempat lahir: Mokpo, Provinsi Jeolla Selatan Tinggi badan: 175 cm Berat badan: 60 kg/132 lb (Donghae bilang di Itta Upta 4/4/09 beratnya 59kg) Golongan darah: A Agama: Kristen Posisi: lead dancer, rapper, sub-vocal Saudara: kakak laki-laki Lee Donghwa Keahlian/Hobi: menari, olahraga, nyanyi, nonton film, main piano tapi anehnya oppa lebih suka maenin gitar. Pendidikan: Mahasiswa di Myongji University Cewek ideal: Cewek yang pedulian dan keibuan yang punya tulang selangka yang indah(?) Member yang paling aku suka juga! Member yang paling cakep menurutku… Donghae oppa ini satu dari penari terbaiknya Super Junior juga. Dia juga sering bikin koreografi buat Super Junior. Tapi menurutku dia lebih jago buat masalah break dance dibandingin sama member yang laen. Donghae oppa juga orangnya hyper ective banget! Salah satunya ditunjukin lewat reality show Super Junior Full House. Oppa yang satu ini adalah orang yang paling, perhatian dan tipe cowo yang romantizz abiss jadi makin cinta deh. Selain itu, Donghae oppa juga sayang banget sama keluarganya dan juga rada melankilis gitu. Dia deket sama kakak satu-satunya. Dan dia selalu sedih tiap keinget almarhum ayahnya yang udah meninggal… Oppa, hwaiting!
Siwon Nama asli: Choi Siwon Nama Mandarin: Shi Yuan Nama panggilan: Simba (dinamain Heechul), Horse/Kuda (dari Shio China, tapi dia diolok-olok sama anak-anak SuJu dengan Ma Siwon yang kurang lebih artinya sama (kayaknya…)), The Lord No.1 Fan/Fans Tuhan No.1 Tanggal lahir: 10 Februari 1987 (yang asli: 7 April 1986) Tempat lahir: Seoul Gangnam Tinggi badan: 183 cm Berat badan: 65 kg Golongan darah: B Agama: Kristen Posisi: sub-vocal Saudara: adik perempuan Choi Jiwon Keahlian/Hobi: nyanyi, nari, akting, Taekwondo, bahasa Mandarin, main alat musik drum Pendidikan: Mahasiswa di Inha University (Edukasi fisik, tapi bukan teologi, aneh yah…?) Cewek ideal: Cewek Kristen dengan rambut bergelombang Dia member Super Junior yang paling taat sama agamanya. Pernah waktu dia dateng ke daerah (Cina kalo nggak salah) dan kebetulan daerah itu lagi ketimpa bencana alam, tiap malem dia selalu berdoa di gereja bahkan sampe nangis! So sweet… Siwon oppa disebut cowok paling sporty di Super Junior. Tapi dia selalu punya kebiasaan tiap kali ngomong, yaitu: gesture! Alias gerak-gerik tubuh. Bahkan dia dijuluki The King Of Gestures di Super Junior Exploring Human Body! Tapi, dia juga member yang tergolong sensitif. Pernah waktu Donghae oppa yang udah selesai bikin koreografi mau ngirim e-mail ke pihak SM tapi lupa masukin nama Siwon oppa, dan kebetulan Siwon oppa liat. Malemnya, dia ngomong 4 mata sama Donghae oppa dan bilang,”Kayaknya aku mau keluar dari Super Junior”. Donghae oppa yang kaget ngejawab,”Kenapa? Apa ada yang salah?”. Siwon oppa jawab,”Saya sedih kamu tidak memasukkan nama saya dalam surat kamu.”. Itulah, akhirnya Donghae oppa nulis di album mereka tentang permintaan maafnya ke Siwon Oppa.
Ryeowook Nama asli: Kim Ryeowook Nama Mandarin: Li Xu Nama panggilan: Eternal Maknae (artinya “selama 10.000 taun tetep jadi yang termuda”) Tanggal lahir: 21 Juni 1987 Tempat lahir: Inchon Bupyung Sanggokdong Tinggi badan: 173 cm Berat badan: 58 kg Golongan darah: O Agama: Kristen Posisi: lead-vocal Saudara: anak tunggal Keahlian/Hobi: nyanyi, komposisi (musik) Pendidikan: Mahasiswa di Inha University, Seni Teater Cewek ideal: Cewek pendek yang bisa nyanyi Suara tenornya bener-bener bikin merinding waktu dia nyanyi lagu ballad bareng Suju KRY! Suaranya bagus banget! Ryeowook oppa ini member yang sensitif juga. Dia gampang banget tersentuh sama hal-hal yang… emang dia anggep menyentuh! Dia juga member yang baik budi. Pernah dia ngambil alih tugas bersih-bersih ruang latihan waktu liat Henry, salah satu personil Suju M, ketiduran. Jadi waktu dibangunin, Henry kaget liat ruangan udah beres semua. Dia juga suka masak buat anggota yang lain. Kadang-kadang sikap-sikapnya juga lucu karena tingkahnya kayak anak kecil. Bener-bener eternal maknae…
Kibum Nama asli: Kim Kibum Nama Mandarin: Ji Fan Nama panggilan: Snow White/Putri Salju, Yangban Kim (semuanya dinamain oleh Heechul) Tanggal lahir: 21 Agustus 1987 Tempat lahir: Seoul Tinggi badan: 179 cm (di Yashimmanman dinyatain tingginya yang sebenarnya 177 cm) Berat badan: 58 kg Golongan darah: A Agama: Kristen Posisi: rapper Keahlian/Hobi: akting, berlatih bernyanyi, berlatih ekspresi wajah Saudara: adik perempuan Kim Saehee Pendidikan: tidak diketahui…? (Misterius amat sih nih anak…?) Cewek ideal: Cewek dengan mata yang indah dan memberikan perasaan kepadanya waktu melihatnya Dia juga member yang sukses di bidang akting. Kibum oppa ini paling jago bahasa Inggris. (Secara, kan dia pernah tinggal di luar negeri). Oppa ini juga suka diem. Tapi kalo yang laennya rame, dan dia lagi ada mood buat rame, dia juga bakal jadi rame. Dibilangnya sih moody (tapi bukan aku hlo yang bilang).
Kyuhyun Nama asli: Cho Kyuhyun Nama Mandarin: Gui Xian Nama panggilan: Kim Kyu (dinamain Heechul), Game Kyu, Jumong Kyu , Chic Kyu, Maknae, dll! (Males tulis semuanya, soalnya aku denger-denger Kyuhyun punya 967 nama panggilan…) Tanggal lahir: February 3, 1988 Tempat lahir: Seoul Nohwon Tinggi badan: 180 cm Berat badan: 68 kg Golongan darah: A Agama: Kristen Posisi: lead-vocal Saudara: kakak perempuan Cho Ahra (1985) Keahlian/Hobi: nyanyi, dengerin musik, nonton film, game komputer Pendidikan: Mahasiswa di Kyunghee University, Post Musik Modern Cewek ideal: Cewek yang cantik dan beragama Kristen, mempunyai kaki yang indah, mirip dengan Kim Taehee (kenapa pada suka Kim Taehee sih?? Minho oppa juga suka tuh…*iri*) Member paling muda di Super Junior dan masuk Super Junior juga yang paling akhir. Dia punya karakteristik suara yang kuat dan juga tergabung di Suju KRY. Nggak heran kalo dia sering digabungin sama penyanyi laen di luar Super Junior. Kyuhyun oppa juga suka banget maen game, bahkan dijulukin GameKyu! Sampe-sampe dia sering teriak-teriak waktu malem dan waktu ditanyain Donghae oppa,”Ada apa?”, dia Cuma jawab,“Nggak apa-apa, saya baru aja kalah (maen game)”.